Jumat, 28 Desember 2012

ILMU BUDAYA DASAR


1. Hubungan Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan memilki nilai yang hamper sama. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuha yang sangat sempurna, karena memiliki akal dan budi dan manusia juga merupakan makhluk social yang tidak dapat berdiri sendiri dan saling bergantung dengan satu sama lain. Manusia dan kebudayaan memiliki ikatan yang tidak dapat dipisahkan di dalam kehidupan. Dimana manusia menciptakan kebudayaannya sendiri dan melestarikannya secara turun-temurun. Karena kebudayaan tercipta berdasarkan kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-harinya yang telah di alaminya dan juga dari kejadian yang sudah diatur oleh Tuhan. Oleh sebab itu kita dapat menjelaskan materi tentang manusia dan kebudayaan

A.Manusia
Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat, dan sebagaimana telah diungkapkan oleh Dick Hartoko. Dia telah menyatakan bahwa manusia merupakan kebudayaan. Dan hampir  semua tindakan manusia merupakan kebudayaan. Hanya sifatnya saja yang bukan merupakan kebudayaan karena tindakannya sangat kecil. Misalnya tindakan yang berupa kebudayaan yang dilakukan adalah cara belajar. Dimana cara belajar manusia berbeda-beda. Ada yang belajar dengan serius dan ada juga yang belajar dengan tidak serius. Itu adalah tingkah laku dari diri sendiri.Hubungan manusia dengan kebudayaan dapat dilihat dari kedudukan manusia terhadap kebudayaan. Dan manusia memiliki empat kedudukan dalam berkebudayaan, diantaranya adalah:
1. Pembawa Kebudayaan
2. Manipulator Kebudayaan
3. Penganut Kebudayaan
4. Pencipta Kebudayaan

Dan bukan hanya memiliki kedudukan dalam berkebudayan, tetapi juga manusia memiliki hakekat dalam kehidupannya, diantaranya adalah:

1.Manusia adalah makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhannya.
2. Manusia adalah individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku sosial
3. Manusia mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif dan mampu mengatur dirinya untuk menentukan nasibnya
4. Manusia adalah makhluk Tuhan yang sangat berarti dalam bertingkah laku baik dalam tindakan jahat maupun baik

B. Kebudayaan                                                                                 
Kebudayaan adalah kumpulan pengetahuan yang secara sosial diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Manusia berhubungan erat dengan kebudayaan yang ada pada lingkungan sekitarnya. Karena kebudayaan tersebut merupakan cara beradaptasi untuk mengatur hubungan antarmanusia sebagai wadah masyarakat menuju nilai hidup tertentu. Kebudayaan dapat berpengaruh dalam bentuk pribadi seseorang sehingga manusia harus mengikuti norma-norma yang ada pada budaya tersebut. Dengan demikian, cara hidup budaya manusia harus dilakukan dimana tempat dia berada. Kebudayaan juga mengajarkan tentang keimanan. Ada 2 bagian dalam kebudayaan manusia yaitu:
   

     Unsur - unsur kebudayaan :
     1. sistem organisasi kemasyrakatan
     2. Bahasa
     3. sistem pengetahuan
     4. sistem mata pencaharian hidup dan sistem - sistem ekonomi
     5. Kesenian
     Wujud kebudayaan :
     1. Kompleks gagasan, dan pikiran manusia
     2. Kompleks aktivitas
     3. Wujud sebagai benda
Manusia dan kebudayaan memiliki kaitan yang sangat erat .Kaitannya adalah kebudayaan    manusia sebagai perilaku kebudayaan sedangkan kebudayaan merupakan obyek yang telah dilakukan oleh manusia

Sumber : http://abu-hendar.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dan-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar