Jumat, 28 Desember 2012

ILMU BUDAYA DASAR


2. Konsepsi  Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusatraan

A.  Pendekatan Kesusastraan

Kesustraan biasanya dihubungkan dengan seni dan sastra. Dimana kata kesusastraan berasal dari kata su dan sastra yang artinya su adalah bagus dan sastra adalah tulisan. Maka arti dari kesustraan adalah tulisan bagus. Sastra juga bisa diartikan sebagai intruksi atau ajaran, sedangkan seni adalah ilmu yang dimiliki oleh seseorang dalam berkreasi.
Sastra memiliki 3 pengertian, diantaranya adalah:
1. Ilmu sastra adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki secara ilmiah berdasarkan metode tertentu mengenai segala hal yang berhubungan dengan seni sastra. Contohnya sejarah sastra
2. Teori sastra adalah asas-asas dan prinsip-prinsip dasar mengenai sastra dan kesusastraan.
3. Seni sastra adalah proses kreatif menciptakan karya seni dengan bahasa yang baik, seperti    puisi, cerpen/novel, atau drama.
Ilmu Budaya Dasar berkaitan juga dengan budaya yang ada dalam keseharian dan budaya bangsa. Karena Ilmu Budaya Dasar mempelajari tentang masalah manusia dan kebudayaan

Contohnya dalam bidang kesenian. Segala kebebasan hasil karya dari manusia bebas dituangkan dalam ekspresi seni. Karena seni lebih berbicara dalam kebudayaan, sedangkan budaya dapat menggambarkan cirri dari suatu bangsa yang bermartabat.

       B. Ilmu Budaya Dasar Yang Dihubungkan Dengan Prosa
Prosa adalah karya sastra yang dibentuk secara bebas yang mempunyai pameran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh imajinasi. Prosa memiliki 2 macam yaiyu prosa lama dan prosa baru. Prosa lama meliputi:
- Hikayat yang berarti cerita yang sulit dipahami
- Dongeng yang berarti cerita yang tidak benar terjadi
- Sejarah yang berarti cerita masa lampau yang benar-benar terjadi
Sedangkan prosa baru yaitu:
- Cerpen yang berarti cerita pendek tetapi langsung dengan tujuannya
- Novel yang berarti karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif
- Biografi yaitu kisah tentang kehidupan seseorang
Prosa adalah bentuk paling khas dari bahasa ,yang menerapkan struktur tata bahasa dan aliran alami pidato daripada puisi tradisional

C.  Nilai-Nilai dalam Prosa Fiksi
Prosa fiksi dalah prosa yang mempunyai nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra, nilai-nilai prosa fiksi antara lain:
1. Memberikan wawasan
2. Memberikan inforrmasi
3. Memberikan kesenangan


Sumber: http://thefimsite.blogspot.com/2012/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar