Jumat, 28 Desember 2012

ILMU BUDAYA DASAR


5.Peran Mahasiswa Dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan

Berbicara mengenai bahasa tidak lepas dengan isu nasionalisme. Bahasa sering kali dikaitkan dengan wujud nasionalisme bagi setiap masyarakat terhadap tanah air.Dan bahasa Indonesia adalah bahasa yang lahir dengan penuh pemikiran didalamnya yaitu momen bersejarah  “Sumpah Pemuda” yang  ditandai sebagai lahirnya bahasa Indonesia sebagai  bahasa persatuan. Dimana bahasa Indonesia juga dinyatakan sebagai bahasa Negara. Hal ini berarti bahwa bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara. Kedudukan bahasa adalah bahasa yang mempunyai sistem lambang nilai budaya atas dasar nilai sosialnya. Dan sedangkan fungsi bahasa adalah nilai pemakaian bahasa tersebut di dalam kedudukan yang diberikan.

Ada 4 fungsi lambang dalam kedudukan bahasa nasional diantaranya adalah:
1.  Lambang identitas nasional
2.  Lambang kebanggaan nasional
3.  Lambang sebagai alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang social budaya
4.  Lambang sebagai alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah

Oleh sebab itu peran mahasiswa dalam mempertahankan bahasa Indonesia adalah sebagai bahan persatuan yang dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi dengan orang disekitarnya maupun orang yang tidak ada disekitarnya dan bisa juga disebut dalam berkomunikasi formal maupun informal. Selain berkomunikasi, mahasiswa juga diharapkan lebih mengutamakan bahas Indonesia dibandingkan bahasa asing misalnya bahasa inggris. Karena bahasa Indonesia adalah sarana untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik berbentuk perasaan, pikiran, gagasan, dan keinginan yang dimilikinya. Dimana bahasa Indonesia bertujuan untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia sebagai persatuan di tengah-tengah yang heterogen agar tidak disatukan dengan bahasa lain. Tetapi jika mahasiswa ingin mengetahui bahasa asing, bisa saja digunakan dalam sehari-hari, karena bahasa asing juga diperlukan jika mahasiswa ingin pergi keluar negeri. Tetapi walaupun mahasiswa sudah banyak mengetahui bahasa asing, mahasiswa harus tetap mempertahankan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Contoh peranan mahasiswa dalam mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan adalah menggunakan bahasa sehari-hari. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan karena memiliki fungsi untuk menyatukan berbagai suku di Indonesia yang memiliki berbagai macam bahasa daerah yang menjadi satu yaitu bahasa Indonesia dan bangsa Indonesia. Dan sebagai mahasiswa yang merupakan contoh kecil dari bangsa Indonesia karena banyak mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah. Contohnya seorang mahasiswa yang ingin kuliah di Jakarta dan dia berasal dari Maluku.Dan dalam perkuliahannya, dia harus menggunakan bahasa Indonesia dan begitu juga dalam berkomunikasi dengan teman-temannya, dia menggunakan bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa khusus yang harus digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sumber: http://yunitriswela.blogspot.com/2012/12/peran-mahasiswa-dalam-mempertahankan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar